TjMRlr4CceqlrtkB0Ce0BnkM2b5IZCPJzobEJ1si
Bookmark

Ulasan Enola Holmes 2 (2022), Feminisme, Kapitalisme, dan Politik


Enola Holmes 2 - Apologi

Judul Enola Holmes 2
Produser Millie Bobby Brown, Paige Brown, Ali Mendes, Mary Parent, Álex García, Alex Garcia, Robert Brown
Penulis Jack Thorne, Nancy Springer
Pemeran Millie Brown, Louis Partridge, Henry Cavill, Hannah Dodd, David, Thewlis, Gabriel Tierney, Sharon Duncan-Brewster, Helena Bonham Carter
Produksi Netflix, Legendary Entertainment, PCMA Productions
Distributor Netflix
Tanggal Rilis 4 November 2022
Durasi 129 Menit

Enola Holmes 2 resmi tayang perdana pada hari Jumat, 4 November 2022. Film ini masih diperankan oleh tokoh-tokoh yang sama seperti film pertamanya, yaitu Enola Holmes (Millie Bobby Brown), Sherlock Holmes (Henry Cavill), Lord Tewkesbury (Louis Partridge), dan tambahan-tambahan tokoh lainnya.

Sinopsis Enola Holmes 2

Cerita melanjutkan film pertama dari Enola Holmes, dimana ia akhirnya membuka jasa detektif swasta dan menetap di London. Namun sangat disayangkan kemampuannya diremehkan, dan selalu dibandingkan dengan kakaknya, Sherlock Holmes. Hingga suatu saat sebelum ia menutup usahanya, datang perempuan kecil bernama Bessie yang meminta bantuan untuk menemukan kakaknya yang telah sepekan menghilang, Sarah Chapman.

Kasus ini membawa Enola pada pemukiman kelas bawah yang dihuni oleh gadis korek api, istilah untuk para perempuan yang bekerja pada pabrik korek api. Setelah melakukan beberapa penyelidikan, ternyata Sarah berhasil menemukan fakta bahwa fosfor yang digunakan pada pabrik korek api telah menyebabkan banyak kematian pada perempuan. Namun kasus ini ditutupi dengan isu penyebaran tifus. Sarah yang mencoba memperjuangkan isu ini telah membawa lari dokumen-dokumen penting, termasuk kontrak dengan menteri keuangan yang dapat membuktikan kasus korupsinya dan memicu pemerasan, dimana kasus ini juga tengah ditangani oleh Sherlock Holmes. Hal ini yang membawa Sarah lari dari pengejaran polisi dengan tudingan pencurian dokumen-dokumen penting dan pemerasan.

Sarah yang menjalin asmara dengan putra dari pemilik pabrik korek api, mencoba memperjuangkan melalui jalan parlemen atau para dewan. Lord William Lyon, kekasihnya harus tewas dalam petualangan dan  perjuangan ini. Pada suatu kesempatan, ia juga sempat meminta bantuan Lord Tewkesbury. Petualangan ini akhirnya terselesaikan setelah Sherlock, Enola, Tewkesbury, Sarah, dan Bessie mengalahkan kelompok Mr. Grail, yang disewa oleh Mira Troy (Moriarty). Pada akhir cerita Menteri Keuangan juga berhasil dikalahkan oleh Tewkesbury atas kasus-kasus korupsinya.

Ulasan Film

Enola Holmes 2 masih mempertahankan fourt-wall breaking, sehingga interaksi dengan penonton lebih hidup. Alur maju-mundur juga diperlihatkan di awal film. Selain itu film ini juga menjadi lebih 'detektif' daripada yang sebelumnya, sehingga lebih memanjakan otak kita semua.
 
Keseruan pemecahan misteri diimbangi dengan aksi-aksi yang fantastis. Selain itu, momen-momen bersama antara Enola dan Tewkesbury juga semakin hangat. Romance menghiasai Enola Holmes 2, dan mengubah pola pikir Enola yang selalu berpikir untuk bekerja sendiri. Cerita Holmes dari sudut pandang Enola tentu akan terus berlanjut, hal ini dikarenakan Moriarty berhasil kabur dari tahanan polisi dan tokoh baru dimunculkan pada akhir cerita, yaitu teman serumah Sherlock Holmes, dr. John Watson.

Pesan Moral

Enola Holmes 2 pada akhirnya menunjukkan main-issue yang pada film pertama disinggung secara tersirat, yaitu hak-hak perempuan atau feminisme. Selain itu, Sarah Chapman juga diambil dari kisah nyata yang ditunjukkan pada ending film.
"Mogok kerja yang dipimpin oleh Sarah Chapman adalah aksi industri pertama yang dilakukan oleh dan untuk wanita. Itu meningkatkan kondisi kerja mereka selamanya. Hanya butuh satu bara untuk menyulut api."
Kasus yang menewaskan 1400 buruh korek api pada Juli, 1888 silam, menjadi kasus yang diangkat pada film ini.

Enola Holmes 2 juga menunjukkan bagaimana kapitalisme bekerja, dan bagaimana pejabat-pejabat korup selalu membenarkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan. Pesan-pesan kecil tentang kebersamaan, cinta, dan kasih sayang juga menjadikan film ini begitu mewah dan memanjakan.

Posting Komentar

Posting Komentar